Beberapa Distro GNU/Linux yang Pernah Dicoba

Sabtu, 21 Januari 2012

Migrasi ke BlankOn Linux

Setelah sebelumnya pernah "gagal" mencoba distro BlankOn 6 versi 64bit, kali saya mencobanya lagi dengan BlankOn7 versi 32 bit. Kali ini blankon terinstall dengan baik di komputer saya :) Berikut ulasan yang mungkin bisa saya sampaikan tentang BlankOn linux

Unduh Blankon
Bagi yang ini mencoba distro ini, bisa mengunduh di situs resminya BlankOn
versi terakhir saat tulisan ini dibuat adalah BlankOn 7

Pembuatan media installer (liveUSB)
Karena BlankOn merupakan distro turunan dari Ubuntu, jadi pembuatan liveusb bisa menggunakan unetbootin.

Fitur Utama BlankOn
  • Dukungan multimedia yang baik menjadikannya distro siap pakai. Setelah terpasang, file-file multimedia (lagu,video,gambar) sudah bisa dinikmati. Fitur ini sangat cocok untuk orang seperti saya yang malas memasang paket tambahan.
  • Dukungan terhadap aksara nusantara. Fitur ini yang sangat menarik perhatian saya. Kita bisa menulis huruf dengan tulisan daerah masing-masing.
  • BlankOn panel. Awalnya saya sempat bingung dengan fitur ini. Sempat juga saya ganti dengan gnome panel standar. Tapi lama-lama kok lebih nyaman BlankOn panel. Fitur ini lebih bisa menghemat layar saat jendela aplikasi dalam tampilan penuh panel mengecil. Fitur ini cocok untuk untuk pengguna netbook yang layarnya masih terbatas.
  • Buku panduan yang terintegrasi dan siap pakai (pencet tombol F1 pada aplikasi Nautilus) . Jadi hal ini sangat mendukung pemula seperti saya untuk bisa memahami dan menggunakan BlankOn.
  • Fitur lain bisa dilihat di catatan rilisnya BlankOn 7
Tampilan BlankOn Panel

Panduan BlankOn

Beberapa masalah yang saya temui adalah

Pengaturan Bahasa
Settingan Bahasa Indonesia yang kadang berubah sendiri, tiba-tiba notifikasi pesan yang tadinya menggunakan bahasa Indonesia berubah menjadi bahasa Inggris.

untuk mengatasi hal ini bisa dengan memasang paket tambahan bahasa berikut
$ sudo apt-get install blankon-language-pack-id language-support-id pattimura-language-pack-extras-id pattimura-language-pack-id

Buka aplikasi Dukungan Bahasa
Blankon menu -> Pengaturan -> Administrasi -> Dukungan Bahasa
kalau ada saran pemasangan paket, ikuti saja.


Tema tidak bisa diganti permanen
Tema bawaan BlankOn 7 adalah ombilin, tapi saat mencoba mengganti tema ini dan setelah komputer di hidupkan ulang, tema kembali ke tema bawaan BlankOn.

Untuk mengatasi hal ini silahkan nonaktifkan BlankOn Contextual Desktop daemon. Buka aplikasi pengatur startup.  Blankon menu -> Pengaturan -> Preferensi -> Aplikasi Awalan
Hilangkan tanda cek pada daftar BlankOn Contextual Desktop daemon

Secara keseluruhan, edisi BlankOn 7 ini membuat saya nyaman. Apalagi masalah utama yang selama ini masih belum bisa saya atasi adalah driver vga dan driver wireless pada laptop BYON sudah teratasi.

Terima kasih kepada Tim BlankOn.
Sukses selalu untuk BlankOn.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar