Beberapa Distro GNU/Linux yang Pernah Dicoba

Minggu, 19 Februari 2012

Root tiba - tiba penuh di Archlinux

Makin hari saya perhatikan makin penuh direktori root saya.. padahal cache package archlinux sudah saya pindahkan ke drive lain. Instalasi program juga gak begitu banyak.. cache lusca juga sudah tak pindah ke drive lain.. ada apa gerangan?? Mana harga hdd lagi naik saat ini. Ternyata setelah diselidiki, hal itu disebabkan oleh direktori /var/tmp yang menampung begitu banyak cache sistem >.<

Partisi root yang saya berikan 10 GB dan tersisa cuma 2.8 GB karena penumpukan cache di /var/tmp ini. Alhasil setelah saya hapus isi dari /var/tmp ruang hdd kembali lega menjadi sisa 5.6 GB.

Untuk lebih jelasnya.. isi dari /var/tmp adalah seperti berikut (untuk desktop KDE)
/var/tmp/kdecache-<nama_use>

jadi yang saya hapus adalah direktori kdecache-<nama_user>

Untuk menghapusnya bisa lewat terminal
$ cd /var/tmp
$ sudo rm -rfv kdecache-<nama_use>

silahkan sesuaikan dengan nama user yang ada di direktori tersebut.
Resiko ditanggung sendiri ya...!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar